Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Teori belajar matematika; teori pembelajaran; kajian desain pembelajaran matematika; karakteristik pembelajaran matematika; dan praktik desain pembelajaran matematika kreatif dan inovatif.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mampu mengkaji dan mempraktekkan pembelajaran matematika secara teoritik dan praktis dari aspek landasan teoritik pembelajaran matematika;
  • 2. Mampu mengkaji dan mempraktekkan pembelajaran matematika secara teoritik dan praktis dari aspek pendekatan, strategi, model, metode, teknik pembelajaran matematika;
  • 3. Mampu mengkaji dan mempraktekkan pembelajaran matematika secara teoritik dan praktis dari aspek desain pembelajaran matematika (teori lokal dan global);
  • 4. Mampu mengkaji dan mempraktekkan pembelajaran matematika secara teoritik dan praktis dari aspek karakteristik pembelajaran (pembelajaran bermakna, pembelajaran procedural, pembelajaran berorientasi penalaran, pembelajaran berorientasi pada berpikir tingkat tinggi); dan
  • 5. Mampu mengkaji dan mempraktekkan pembelajaran matematika secara teoritik dan praktis dari aspek pengembangan desain pembelajaran matematika kreatif dan inovatif
Daftar Pustaka:
  • Akker, J.D; Gravemeijer, K., McKenney S., and Nieveen, N., 2006. Educational Design Research. Routledge. London & New York. Taylor & Francis Group
  • Anghileri, J., 2006. Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal Of Mathematics Teacher Education Nomor 9: 33–52
  • Blanton, M.L., Westbrook, S., And Carter, G. 2005. Using Valsiner’s Zone Theory To Interpret Teaching Practices In Mathematics And Science Classrooms. Journal Of Mathematics Teacher Education Nomor 8: 5–13
  • Journal of Research Mathematics Education tahun 2015 – 2019
  • Kennedy, L.M., Tipps, S., and Johnson, A., 2008. Guiding Children’s Learning of Mathematics, Eleventh Edition. New York. Thomson Wadsworth
  • Parta, I Nengah. 2017. Model Pembelajaran Inkuiri: Refleksi, Membangun Pertanyaan, Penghalusan Pengetahuan, Internalisasi Pengetahuan. UM Press
  • Silver, H.F., Strong, R.W., Perini, M.J., 2007. The Strategic Teacher. Virginia. Association for Supervision and Curriculum Development Alexandria
  • Subanji, 2013. Pembelajaran Matematika Kreatif dan Inovatif. Malang. UM Press.