Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa memahami berbagai perpesktif (paradigm) penelitian dan mendalami teori dan prinsip penelitian kualitatif dan campuran sehingga mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika dengan pendekatan kualitatif dan campuran. Topik-topik yang dibahas antara lain mencakup paradigma penelitian pendidikan fisika, konsep-konsep dasar metodologi penelitian kualitatif & campuran, dan penerapannya dalam penelitian pendidikan fisika, jenis-jenis desain penelitian kualitatif dan campuran, metode penelitian kualitatif dan campuran (teknik sampling, identifikasi variabel dan pengukurannya, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data), dan berbagai teknik analisis, termasuk menggunakan bantuan sofware tertentu yangs esuai, yang diperlukan untuk menganalisis dan menginterpretasikan data kualitatif dan campuran. Selain itu, untuk membangun wawasan tentang trend permasalahan yang menjadi fokus penelitian pendidikan fisika dalam lima tahun terakhir, dibahas pula review artikel-artikel pendidikan fisika yang dimuat di jurnal internasional bereputasi.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai prinsip-prinsip metodologi penelitian kualitatif & campuran, dan mampu menerapkannya untuk merancang penelitian pendidikan fisika secara tepat. (P-5, KK-3)
Daftar Pustaka:
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
  • Sherman, R.R. & Webb, R.B. 2005. Qualitative Research in Education: A Focus. In Robert R. Sherman & Rodman B. Webb (eds.), Qualitative Research In Education: Focus and method (pp.2-20). Routledge Falmer.
  • Giarelli. J.M. 2005. Qualitative Inquiry in Philosophy and Education: Notes on the Pragmatic Tradition. In Robert R. Sherman & Rodman B. Webb (eds.), Qualitative Research In Education: Focus and method (pp.21-26). Routledge Falmer.
  • Giarelli J.M. & Chambliss, J.J. 2005. Philosophy of Education as Qualitative Inquiry. In Robert R. Sherman & Rodman B. Webb (eds.), Qualitative Research In Education: Focus and method (pp.28-39).
  • Creswell, J. W. 2007: Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. Sage Publication.
  • Creswell, J. W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, 4th edition. Boston: Pearson Education, Inc.
  • W. Alex Edmonds and Thomas D. Kennedy. 2017. An Applied Guide to Research Designs Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods Second Edition · Los Angeles: SAGE
  • Otero, V. K. and Harlow, D. B. 2009. Getting Started in Qualitative Physics Education Research [Tersedia di http://www.per‑central.org/items/detail.cfm?ID=9122].
  • Creswell, J. W. & Clark, V.L.P. 2018. Design and conducting mixed methods research. Third Edition. Singapore: Sage Publications.
  • Artikel-artikel penelitian pendidikan fisika yang menggunakan metode kualitatif dan/atau campuran, dan diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi.