Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
G-D/V
Deskripsi:
Bahasan dalam mata kuliah ini adalah: Pengantar yang meliputi: 1) Perkembangan Biologi Molekular, Prinsip-prinsip dalam teknologi rekayasa genetika, 2). Penyiapan data berbasis Molekular (DNA dan protein) meliputi: prinsip isolasi DNA dan protein, PCR (DNA), analisis berbasis PCR, Elektroforesis DNA dan protein, Sekuensing, Penanda DNA (RFLP, minisatelite, microsatellite, RAPD, prosedur lain untuk deteksi variasi sekuens DNA, Kloning mRNA dan genomic DNA, strategi lanjut dari cloning; 3) Analisis data berbasis bioinformatika dengan in silico (DNA dan protein) dengan program online dan offlline; DNA dengan software untuk analisis keragaman genetik dan keragaman sekuens, in silico dengan analisis reverse docking dan virtual screening dari senyawa bahan alam dan produk ekspresi gen yang ditentukan gen-nya; 4) Merancang dan membuat usulan/proposal karya penelitian berbasis molekular; semua pembahasan ini dikomunikasikan dalam seminar kelas.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami hakikat dan prinsip-prinsip Biologi dasar, dan fungsi bioinformatik untuk memanfaatkan temuan ilmu dasar untuk bioteknologi. Fungsi bioinformatika ini memanfaatkan data molekular, sehinnga perlu paham prinsip dan prosedur dasar teknik molekular dalam bidang biologi, prinsip analisis data molelular berdasarkan karakteristik dan kegunaan analisis data dengan menggunakan teknologi informasi baik on line maupun off line untuk pengembangan teknologi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan manusia dan aspek pembelajarannya di perguruan tinggi dan sekolah menengah.
Daftar Pustaka:
  • Amin, M dan Khikmawati, N.H. 2020. Pengantar Singkat Bioinformatika. FMIPA Universitas Negeri Malang
  • Polanski, A and · Kimmel, M. 2007. Bioinformatics. Springer-Verlag Berlin Heidelberg
  • Baxevanis, A.D and Ouellette, B.F.F. 2001. BIOINFORMATICS: A Practical Guide to the Analysis of Genes and Proteins. New York: John Wiley & Sons, Inc
  • Amin, M. 2003. Characterization and application of molecular markers in the Peking ducks and other waterfowl species. Goettingen: Cuvillier Verlag.
  • J. Sambrook, D.W. Russel - Molecular Cloning A Laboratory Manual
  • Thieman, W. & Palladino, M.A. 2008. Introduction to Biotechnology. San Francisco: Pearson Education, Inc.