Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

Pembentukan panitia, menyusun rancangan objek KKL (memilih dan menentukan objek), pembekalan berkaitan dengan objek yang telah dipilih, perangkat KKL, pelaksanaan KKL, laporan KKL, dan evaluasi KKL.
Objek KKL ditetapkan di luar wilayah propinsi Jawa Timur; Objek KKL mewadahi bidang ilmu tertentu dalam Prodi Sejarah; Objek KKL terintegrasi dibuat dengan paket: (paket I: Daerah Jawa Timur dan Yogyakarta, paket II: Daerah Jawa Barat dan Jakarta, paket III: Daerah Bali, paket IV: Daerah Bali dan Lombok).


Capaian Pembelajaran
  • Mampu dan melestarikan berbagai tinggalan masa lalu sebagai sumber sejarah.

  • Mampu mengaktualisasi, memperkaya, dan mengefektifkan taraf penguasaan wawasan dan pengetahuan tentang sumber-sumber sejarah dan fenomena sosial-budaya.

  • Mampu mengelola pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sesuai dengan norma akademik.

  • Mampu mengaplikasikan metode dan teori sejarah dalam upaya mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan sumber data dan fakta sejarah, serta mampu menyusun laporan sesuai dengan kaidah keilmuan sejarah. (KETRAMPILAN KHUSUS)

Daftar Pustaka:
  • Jurusan Sejarah FIS UM. 2007. Pedoman Kuliah Kerja Lapangan. Malang: FIS-UM.

  • Kartodirdjo, S. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

  • Singarimbun, M & Effendi, S (Eds). 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES

  • Universitas Negeri Malang, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

  • Well, C & John, W. 1994. Research Design, Qualitative and Quantitative Approach, Sage Publications, International Educational and Professional. London-New Delhi: Thousand Oaks Publisher.