Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep dasar evaluasi; pengertian pengukuran dan penilaian, serta evaluasi; tujuan dan prinsip-prinsip penilaian, karakteristik penilaian PPKn, langkah-langkah penilaian hasil belajar; ketuntasan belajar; penilaian berkelanjutan, sistem penilaian kelas; teknik asesment otentik dan ciri-ciri asesmen otentik, instrumen penilaian dalam bentuk test dan nontest; penilaian sikap; penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian projek; penilaian produk, penilaian portofolio; tabel spesifikasi soal, pelaporan hasil belajar dan penentuan ketuntasan belajar.
Capaian Pembelajaran
  • Menjelaskan konsep dasar evaluasi hasil belajar.
  • Menjelaskan konsep dasar evaluasi hasil belajar.
  • Menjelaskan pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi.
  • Menjelaskan pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi.
  • Menjelaskan tujuan dan prinsip penilaian.
  • Menjelaskan tujuan dan prinsip penilaian.
  • Menjelaskan karakteristik penilaian PPKn dalam kurikulum yang sedang berlaku.
  • Menjelaskan karakteristik penilaian PPKn dalam kurikulum yang sedang berlaku.
  • Menjelaskan prinsip dan langkah-langkah penilaian.
  • Menjelaskan prinsip dan langkah-langkah penilaian.
  • Menjelaskan ketuntasan belajar.
  • Menjelaskan ketuntasan belajar.
  • Menjelaskan penilaian berkelanjutan.
  • Menjelaskan penilaian berkelanjutan.
  • Menjelaskan sistem penilaian kelas dalam pada mata pelajaran PPKn.
  • Menjelaskan sistem penilaian kelas dalam pada mata pelajaran PPKn.
  • Menjelaskan teknik asesmen otentik, tujuan, manfaat dan penggunaan asesmen otentik, teknik dan ciri-ciri asesmen otentik
  • Menjelaskan teknik asesmen otentik, tujuan, manfaat dan penggunaan asesmen otentik, teknik dan ciri-ciri asesmen otentik
  • Menyusun instrumen penilaian dalam bentuk test dan non test, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan portofolio
  • Menyusun instrumen penilaian dalam bentuk test dan non test, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan portofolio
  • Merumuskan Tabel Spesifikasi Soal, Pelaporan Hasil Penilaian Kelas, dan pencapaian Ketuntasan Belajar.
  • Merumuskan Tabel Spesifikasi Soal, Pelaporan Hasil Penilaian Kelas, dan pencapaian Ketuntasan Belajar.
  • Bersikap kreatif dan inovatif dalam mengimplementasikan evaluasi pembelajaran PPKn.
  • Bersikap kreatif dan inovatif dalam mengimplementasikan evaluasi pembelajaran PPKn.
Daftar Pustaka:
  • Depdiknas, 2004, Silabus dan Sistem Penilaian Mata Pelajaran PKn.Jakarta: Depdiknas.
  • Coribima, Duran, 2008, Assesment Outhentic, Malang: UM Press
  • Haris, Abdul, 2008, Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi, Jakarta: Multi Presindo
  • Peratuaran Pemerintah No 19 tahun 2005
  • Permendiknas No 22 tahun 2006: Standar Isi