Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A7A-PLB
Deskripsi:
Perkuliahan ini memberikan pemahaman mengenai pengertian anatomi dan fisiologi . Disamping itu adanya hubungan antara struktur dan fungsi organ tubuh manusia yang menyangkut ke-8 sistem dalam tubuh manusia. Selanjutnya mahasiswa akan mempelajari satu persatu dari ke 8 sistem anggota tubuh terkait struktur dan fungsinya yang berhubungan dengan ABK.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh terhadap karakteristik, penyebab anak tunaganda dan hakikat pengajarannya dalam interaksi belajar yang berbasis kehidupan
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai asesmen dan intervensi, serta pembelajaran anak tunaganda di sekolah husus dan sekolah inklusi
  • Mahasiswa memiliki sikap, etika, pemikiran logis dan fleksibel dalam memaknai problematika belajar dan pembelajaran bagi anak tunaganda
  • Mahasiswa memiliki kemampuan mengevaluasi dan mengembangkan gagasan untuk merencakanan pembelajaran bagi anak tunaganda
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • BNSP.2006. Standar Isi. Jakarta Kementrian Pendidikan Nasional
  • Fowler, S. 2007. Sensor Stimulation Sensory-Focused Activities for People with Physical and Multiple Disabilities. London : Jessica Kingsley Publishers.
  • Pusat Kurikulum.2007. Model Pembelajaran Tematik. SD/MI/SDLB. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
  • Rogow, S.2005. A Develpomental Model of Disabilities. INTERNATIONAL JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION The International Journal of Special Education 2005, Vol 20, No.2.
  • Widjajantin, A. 2004. Prinsip Dasar Dalam Mendidika Anak Tunanetra Ganda dan Deafblind di Indonesia, Buku Pegangan Bagi Guru. Malang: Wineka Media.