Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A7A-PLB
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas konsep dasar tentang struktur dan fungsi mata; konsep dasar anak tunanetra; pengukuran ketajaman dan bidang penglihatan; beberapa kelainan penglihatan dan latihan persepsi visual serta penggunaan dria non-visual; identifikasi dan assesmen bagi anak tunanetra; implikasi psiko-sosial ketunanetraaan; sejarah perkembangan pendidikan penyandang tunanetra; komponen pendidikan anak tunanetra; landasan dan prinsip-prinsip dasar pendidikan anak tunanetra; deteksi dan intervensi dini bagi anak tunanetra; hakekat, bentuk dan sistem layanan pendidikan anak tunanetra; Kegiatan kuliah meliputi perkuliahan/tatap muka, observasi lapangan, tugas melakukan identifikasi dan assesmen anak tunanetra, dan diskusi tentang hasil observasi dan tugas identifikasi dan assesmen anak tunanetra. Evaluasi perkuliahan dilakukan dengan tes tertulis, laporan tugas, dan keaktifan mahasiswa dalam diskusi tentang anak tunanetra dan komponen-komponen pendidikan mereka.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep tentang struktur dan fungsi mata
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep dasar anak tunanetra
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep pengukuran ke tajaman penglihatan dan bidang penglihatan
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep kelainan peng lihatan dan latihan persepsi visual serta penggunaan dria non-visual
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep identifikasi dan asesmen anak tunanetra
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep implikasi psikososial ketunanetraan
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep sejarah perkembangan pendidikan penyandang tunanetra
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep pendidikan anak tunanetra
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep landasan dan prinsip-prinsip dasar pendidikan anak tunanetra
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep programdeteksi dan intervensi dini bagi anak
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Sari Rudiyati. (2002).Pendidikan Anak Tunanetra. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
  • ______.(2003).Ortodidaktik Anak Tunanetra. Yogyakarta: Faktultas Ilmu Pendidikan UNY.
  • Sasraningrat. F. Harsana.(1981).
  • Metodik Khusus Anak Tunanetra. Yogyakarta: Fede rasi Kesejahteraan Tunanetra Indonesia.
  • _____ dan Sumarno. (1984). Ortodidaktik Anak Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  • Scholl, Geraldine. (1983). The Foundation of Education for the Visually Impaired Children and Youth. New York: American Foundation of the Blind.
  • Widdjajantin, Anastasia dan Imanuel Hitipeuw. (1996).Ortopedagogik Tunanetra I. Jakarta : Proyek Pendidikan Tenaga Guru Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  • Yusuf, Munawir. (1996).Pendidikan Tunanetra Dewasa dan Pembinaan Karir. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Guru Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.