Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
AB-BK
Deskripsi:
Mempelajari karakteristik, prinsip, prosedur, tahap umum, jenis umum serta beberapa jenis dan tipe khusus penelitian kualitatif. Berdasarkan penguas¬an terhadap konsep tersebut, diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal tesis dengan penelitian kualitatif; di dalamnya mahasiswa terampil memilih jenis dan tipe riset kualitatif dengan pertimbangan tepat secara ideal dan riel-praktis, terampil memilih teknik dan melaksanakan pengumpulan data khas tipe riset pilihan, mahir ‘menyatukan diri’ dengan ‘teknik’ pengum¬pulan data, terampil menganalisis secara interpretatif, memaparkan hasil, menyusun laporan dan menunjukkan keterpercayaan prosedur dan hasil-hasil penelitian. Mahasiswa diharapkan mengembang¬kan sikap yang adaptif terhadap penelitian kualitatif. Tagihan perkuliahan berupa proposal tesis yang menerapkan salah satu desain penelitian kualitatif.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi model, desain dan metode dari hasil penelitian kualitatif bimbingan dan konseling atau layanan bantuan kemanusiaan terdahulu, sesuai dengan minat penelitian mahasiswa dengan bersumber pada kedalaman teori dan paradigma keilmuan secara inter, multi dan transdisipliner.
  • Mahasiswa melakukan telaah model, desain, dan metode penelitian kualitatif dari hasil penelitian tesis dan artikel-artikel jurnal hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan task-based learning.
  • Mahasiswa mampu merancang model, metode, desain, prosedur dan tahap umum penelitian sesuai dengan jenis dan tipe khusus penelitian kualitatif.
  • Mahasiswa memiliki keterampilan dasar dalam penerapan teknik dan prosedur pengumpulan data.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara interpretatif dan menunjukkan tingkat validitas hasil yang dapat dipertanggungjawabkan
  • Mahasiswa mampu menuliskan laporan penelitian sederhana dalam bentuk artikel yang disubmit pada jurnal nasional bereputasi.
Daftar Pustaka:
  • Alvesson, M., dan Skolberg, K., 2019. Reflexive Methodology: New Vistas for Qualitative Research. Thousand Oaks, London: Sage Publications Inc.
  • Creswell, J. W., 2012. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
  • Herr, K., & Anderson, G. L., 2005. The Action Research Dissertation: A Guide for Student and Faculty. Thousand Oaks, London: Sage Publication.
  • Mappiare-AT., A. 2009. Dasar-dasar Metodologi Riset Kualitatif untuk Ilmu Sosial dan Profesi. Penerbit Jenggala Pustaka Utama bersama Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (Buku Teks-I).
  • Mappiare-AT., A. 2013. Tipe-tipe Riset Kualitatif untuk Eksplanasi Sosial Budaya dan Bimbingan Konseling. Penerbit Elang Mas Malang. (BukuTeks-II)
  • Universitas Negeri Malang, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang