Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
F8-F8
Deskripsi:
Matakuliah Pengantar Ilmu Kependidikan ini berisi kajian secara komprehensif dan kontekstual untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sebagai berikut: (1) Dasar-dasar pendidikan yang meliputi hakikat manusia dan pengembangannya, sejarah pendidikan, landasan pendidikan, dan asas pendidikan, yang meliputi materi tentang dimensi keindividualan, dimensi kesosialan, dimensi kesusilaan, dimensi keberagamaan,pengembangan dimensi manusia, sejarah pendidikan dunia dan Indonesia, dan etika profesi pendidik .(2) Keilmuan kependidikan yang meliputi teori pendidikan (grand teori), pendidikan sebagai ilmu, pendidikan sebagai sistem,yang meliputi materi tentang teori nativisme, empirisme, naturalisme, konvergensi, dan pengembangannya. (3) Aspek dinamik pendidikan yang meliputi pembaharuan pendidikan dan permasalahan pendidikan yang diantaranya meliputi materi tentang pendidikan karakter dan multikultural dalam pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • 2.1. Menelaah dasar-dasar pendidikan
  • 2.2. Menganalisis keilmuan kependidikan
  • 2.3. Menganalisis aspek dinamika pendidikan
Daftar Pustaka:
  • Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.
  • Ahmadi, Abu. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Pres
  • Darmaningtyas & Edi Subkhan. 2012. Manipulasi Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Resist Book
  • Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  • Merry, M. Merryfield and Wilson, Angene. 2005. Social Studies and The World: Teaching Global Perspectives. United States of America: National Council for The Social Studies.
  • Moisio, O.P. & Suoranta, J. 2007. Hope and Education In The Era Of Globalization. In Klas Roth And Ilan Gur-Ze’ev (Eds.). Education In The Era Of Globalization, Chapter 13. Dordrecht, The Netherlands: Springer.
  • Ornstein, A.C. & Levine, D.U. 2008. Foundations of Education. 10th Ed. Boston: Houghton Mifflin Company.
  • Redja Mudyahardjo. 2006. Pengantar Pendidikan; Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  • Rohman, A. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama
  • Sadulloh, U. 2007. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  • Salam, Burhanuddin. 2002. Pengantar Paedagogik (Dasar-dasar Ilmu Mendidik). Jakarta: PT Rineka Cipta.
  • Siswoyo, D. 2008. Ilmu Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY Press.
  • Tilaar, H.A.R. 2009. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Tilaar. 2002. Membedah Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta
  • Triwiyanto, T. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  • Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
  • United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). 2012. Education for Sustainable Development: A Source Book. Paris, France: UNESCO
  • Winarno Surakhmad. 2009. Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi. Jakarta: Kompas.
  • William F. O'neil. 2008. Ideologi-Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar