Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
KK-KK
Deskripsi:

Matakuliah ini membekali mahasiswa:(1) memiliki wawasan, pengetahuan dan kompetensi dalam mempersiapkan dan merancang strategi yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan mengelola semua perangkat pembelajaran yang berbasis TIK menggunakan media komputer dan hardware yang lain; (2) memiliki kompetensi berbagai pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran inovatif dengan berbagai karakteristik dan dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran; (3) memiliki kompetensi mengajar berbasis Lesson Study sebagai bekal memasuki dunia kerja di bidang pendidikan yaitu di SMK


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang perbedaan pendekatan, strategi, model, metode, teknik, dan taktik pembelajaran dalam bidang pemasaran dan bisnis.

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berbagai pendekatan pembelajaran inovatif dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan berbagai pendekatan pembelajaran tradisional dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis

  • Mahasiswa memiliki pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan pendekatan pembelajaran Lesson Study dan karakteristiknya bidang pemasaran dan bisnis

  • Mahasiswa memiliki keterampilan dalam memilih pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan bidang pemasaran dan bisnis dan mempraktekanya

Daftar Pustaka:
  • Rusman. 2014.Model-model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada

  • Slavin, Robert E. 2002.Cooperative Learning (Theory, Reserch dan Practice), Second Edition

  • Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.  Jakarta: Bumi Aksara

  • Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

  • Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

  • Ambili Remesh. 2013. Microteaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences

  • Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers

  • Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press

  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

  • Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company

  • Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC

  • Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta

  • UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006