Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-18HG
Deskripsi:
Memahami pengertian, tujuan, dan manfaat evaluasi pendidikan.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami pengertian, tujuan, dan manfaat evaluasi pendidikan.
  • Memahami bentuk instrumen penilaian dan tagihan.
  • Menyusun indikator capaian kompeten¬si.
  • Menerapkan tingkatan kecakapan tiap ranah.
  • Menerapkan syarat kualitas instrument tes.
  • Menyusun instrumen penilaian.
  • Menganalisis butir instrumen tes.
  • Melakukan penskoran dalam penilaian.
  • Menerapkan acuan dalam penilaian.
  • Merancang remedi dan pelaporan.
  • Memanfaatkan hasil penilaian.
Daftar Pustaka:
  • (1) Allen, M.J. & Yen, W.M. 1979. Introduction to Measurement Theory. Belmont, California: Wadswort, Inc.
  • (2) Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • (3) Cunningham, G.K. 1998. Assessment in the Classroom: Constructing and Interpreting Test. Falmer Press.
  • (5) Gronlund, N.E. 1974. Improving Marking and Reporting in Classroom Instruction. New York: Macmillan Pub. Co, Inc.
  • (6) Joni, R. 1984. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.
  • (7) Kurikulum SMK 2004. Pola Induk Pengembangan Sistem Penilaian Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
  • (8) Mardapi, D. 2007. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendekia.
  • (9) Marzano, R.J. 2006. Classroom Assessment & Grading that Work. Alexandria: ASCD.
  • (4) Erickson, R.C., & Wentling, T.L. 1988. Measuring Student Growth: Techniques and Procedures for Occupational Education. Urbana, Illinois: Griffon Press.