Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Membahas taksonomi pemecahan masalah yang berorientasi untuk menghasilkan produk pengembangan berupa: sumber belajar, sistem pembelajaran, alat-alat pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, buku ajar, serta manual pembelajaran, model penelitian dan pengembangan, langkah-langkah penelitian dan pengembangan, penyusunan proposol penelitian dan pengembangan dan membuat laporan penelitian dan pengembangan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep-konsep dasar penelitian dan pengembangan.
  • Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dan prinsip-prinsip penelitian dan pengembangan dalam pembelajaran pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan terampil menerapkan model penelitian dan pengembangan dan langkah-langkah penelitian dan pengembangan dalam pembelajaran pendidikan olahraga.
  • Mahasiswa diharapkan terampil menyusun proposal dan laporan penelitian dan secara mandiri dan kreatif.
Daftar Pustaka:
  • Armour, K. and MacDonald, D. eds., 2012. Research methods in physical education and youth sport. Routledge.
  • Boat, T.F. and Field, M.J. eds., 2011. Rare diseases and orphan products: Accelerating research and development. National Academies Press.
  • Camerino, O., Castañer, M. and Anguera, T.M. eds., 2014. Mixed Methods Research in the Movement Sciences: Case studies in sport, physical education and dance (Vol. 5). Routledge.
  • Cammarota, J. and Fine, M. eds., 2010. Revolutionizing education: Youth Participatory Action Research In Motion. Routledge.
  • Goodman, S.N., Schneeweiss, S. and Baiocchi, M., 2017. Using design thinking to differentiate useful from misleading evidence in observational research. Jama, 317(7), pp.705-707.
  • Gratton, C. and Jones, I., 2014. Research methods for sports studies. Routledge.
  • Haegele, J.A. and Hodge, S.R., 2015. Quantitative methodology: A guide for emerging physical education and adapted physical education researchers. The Physical Educator, 72(5).
  • Harvey, S., Kirk, D. and O'Donovan, T.M., 2014. Sport education as a pedagogical application for ethical development in physical education and youth sport. Sport, Education and Society, 19(1), pp.41-62.
  • Maxwell, J.A., 2012. Qualitative research design: An interactive approach (Vol. 41). Sage publications.
  • McKenney, S. and Reeves, T.C., 2018. Conducting Educational Design Research. Routledge.
  • Moleong, L.J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.