Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Mata kuliah ini Mendeskripsikan hakekat dan konsep dasar bidang teknologi pendidikan melalui kajian berbagai sumber/refrensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan definisi teknologi pendidikan AECT 1977 melalui pemahaman materi dari berbagai sumber/refrensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan prinsip umum teknologi pendidikan AECT 1977 melalui pemahaman materi dari berbagai sumber/refrensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan prinsip umum pemanfaatan teknologi pendidikan AECT 1977 melalui pemahaman materi dari berbagai sumber/refrensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan konsep teknologi pembelajaran AECT 1994 melalui kajian sumber/referensi dan diskusi kelompok; Menguasai pengetahuan tentang konsep teknologi pembelajaran AECT 1994 melalui kegiatan pemahaman sumber/referensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan klasifikasi konsep teknologi pembelajaran AECT 1994 melalui kegiatan pemahaman sumber/referensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Menguasai pengaruh Aplikasi Teknologi Pembelajaran dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui kegiatan pemahaman sumber/referensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan tahap-tahap dari Aplikasi Teknologi Pembelajaran dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui kajian berbagai sumber/refrensi dan diskusi kelompok untuk dipersentasikan; Mendeskripsikan prinsip Aplikasi Teknologi Pembelajaran dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui pemahaman materi dan sumber/refrensi melalui diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan konsep dan prinsip dasar Pengembangan Sumber belajar Cetak, Audio, Video, Komputer dan Mobile dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui kajian sumber/referensi dan diskusi kelompok; Mendeskripsikan prinsip-prinsip Pengembangan Sumber belajar Cetak, Audio, Video, Komputer dan Mobile dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui kajian sumber/referensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan jenis-jenis Pengembangan Sumber belajar Cetak, Audio, Video, Komputer dan Mobile dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui kegiatan pendelajahan sumber/referensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan; Mendeskripsikan cara aplikasi Pengembangan Sumber belajar Cetak, Audio, Video, Komputer dan Mobile dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI melalui kegiatan pendelajahan sumber/referensi dan diskusi kelompok untuk dipresentasikan
Capaian Pembelajaran
  • Menjelaskan hakikat dan konsep dasar pengetahuan teoritis dan praktis Teknologi Pembelajaran
  • Menjelaskan pengetahuan teoritis dan praktis konsep teknologi pembelajaran
  • Mengaplikasikan Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga melalui pemahaman materi sumber/referensi dan diskusi kelompok
  • Mengembangkan Sumber belajar Cetak, Audio, Video, dan Komputer dalam PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI yang relevan
Daftar Pustaka:
  • Prastowo, A., 2018. Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.
  • Callary, B., Rathwell, S. and Young, B.W., 2018. Coach education and learning sources for coaches of masters swimmers. International Sport Coaching Journal, 5(1), pp.47-59.
  • Warsita, B., 2018. Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal teknodik, 12(1), pp.064-078.
  • Mendes, J.C., Brandt, R., Carvalho, H.M., Feu, S., Ibañez, S.J. and Nascimento, J.V., 2019. Validation and reliability of a sources of knowledge scale for Brazilian coaches. Motriz: Revista de Educação Física, 25(3).
  • Capel, S. and Whitehead, M., 2015. Learning to Teach Physical Education in the Secondary School: A companion to school experience. Routledge.
  • Wasis, D.D. 2002. Dimensi Teknologi Pembelajaran. Malang: Wineka Media
  • Wasis, D.D. 2003. Rancangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media
  • Wasis, D.D. 2003. Pengembangan Sumber Belajar dalam Pembelajaran. Malang: Wineka Media
  • Wasis, D.D. 2007. Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Media Visioner
  • Wasis.D.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media