Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah ini mempunyai tujuan umum agar mahasiswa menguasai konsep sains dan prosedur saintifik dasar untuk menemukan, menganalisis masalah dan fenomena alam secara cermat dan kritis, sehingga dapat menghargai ciptaan Tuhan YME dan melestarikannya. Secara khusus mahasiswa diharapkan memahami perkembangan sains, metodologi sains, serta mengetahui dampaknya terhadap perkembangan berfikir masyarakat. Bahan kajan MK ini meliputi (1) sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains, (2) Sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (3) Ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains, (4) Sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan mendeskripsikan tentang sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains
  • Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)
  • Memahami kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah
  • Memahami konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains
  • Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat
Daftar Pustaka:
  • Wonorahardjo, S. 2009. Dasar-Dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Indeks.
  • Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press
  • Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-UniversitasTerbuka.
  • Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.
  • Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.
  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES.
  • Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press.
  • Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.
  • Soetomo, G.. 1995. Sains dan Problem Ketuhanan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
  • Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.