Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Mengkaji mengenai perangkat pembelajaran dalam proses belajar, pembuatan RPP, pemanfaatan media belajar, sumber-sumber belajar, materi/ bahan ajar, model-model pembelajaran, dan praktik pembelajaran sosiologi di dalam kelas, serta evaluasi proses pembelajaran sosiologi.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan amanat kurikulum dan kekhasan mata pelajaran sosiologi.


  • Mahasiswa mampu mempraktikkan keterampilan mengajar dasar serta mengevaluasi praktik pengajaran yang berlangsung selama mikro teaching.


  • Mahasiswa dapat mengembangkan kepercayaan diri, meningkatkan daya kreativitas, serta sikap kritis dalam meghadapi tantangan pendidikan masa depan.

Daftar Pustaka:
  • Mudlofir, A., dan Rusydiyah, E. F. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.


  • Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.


  • Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran: Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.


  • Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.


  • Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.


  • Uno, H. B., dan Koni, S. 2016. Assesment Pembelajaran: Salah satu bagian penting dari pelaksanaan pembelajaran yang tidak dapat diabaikan adalah pelaksanaan penilaian. Jakarta: Bumi Aksara.


  • PERMENDIKBUD No.22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pembelajaran


  • PERMENDIKBUD No. 23 Tahun 2016 mengenai Standar Penilaian


  • model Pengembangan RPP. 2017. Direktorat Pembinaan SMA


  • Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). 2017. Direktorat Pembinaan SMA