Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mendeskripsikan hakikat etika profesional keguruan; Memahami hak dan kewajiban guru berdasarkan produk hukum yang berlaku dan praktisi pendidikan; Mengidentifikasi etika profesional yang perlu dimiliki oleh guru; Mengkritisi sikap-sikap dan kemampuan yang harus dikembangkan sebagai calon pendidik; Menunjukkan keterampilan dasar mengajar yang sesuai dengan etika profesi keguruan
Capaian Pembelajaran
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Mendeskripsikan hakikat etika profesional keguruan; Memahami hak dan kewajiban guru berdasarkan produk hukum yang berlaku dan praktisi pendidikan; Mengidentifikasi etika profesional yang perlu dimiliki oleh guru; Mengkritisi sikap-sikap dan kemampuan yang harus dikembangkan sebagai calon pendidik; Menunjukkan keterampilan dasar mengajar yang sesuai dengan etika profesi keguruan
Capaian Pembelajaran
- Memahami konsep, ruang lingkup, dan etika profesi yang harus dimiliki guru.
- Menggali nilai-nilai dan aktualisasi etika profesi keguruan yang diimplementasikan di sekolah.
- Menunjukkan sikap profesionalisme, kepribadian, dan sikap sosial serta mengembangkan kepribadian sesuai dengan nilai-nilai agama yang dianutnya sehingga mampu menjadi tenaga pendidik masa depan yang berkualitas.
- Danumiharja, Mintarsih. 2014. Profesi Tenaga Kependidikan. Yogyakarta: Deepublish.
- Musriadi. 2016. Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Deepublish.
- Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi. Keguruan. Yogyakarta: Gava Media
- UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
- PP Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.
- PERMENDIKBUD No. 62 Tahun 2013 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan Dalam Rangka Penataan Dan Pemerataan Guru.
- Teacher: Seli Septiana Pratiwi