Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
a. Kajian esensial dan konseptual keunggulan dan kelemahan teknik dan prosedur evaluasi, meliputi: (1) analisis prinsip-prinsip dan filosofi penilaian dan implementasinya pembelajaran kimia, (2) teknik tes dan non tes dalam penilaian (asesmen) berbasis taksonomi bloom, (3) ragam tes dalam pembelajaran sains-kimia, (4) asesmen alternatif: kebutuhan terhadap asesmen alternatif, asesmen performansi, observasi dan pertanyaan, presentasi dan diskusi, projek dan investigasi, portofolio dan jurnal, dan jenis lainnya asesmen alternatif; b. Pengembangan program pendidikan dan pembelajaran kimia berbasis hasil-hasil evaluasi pada berbagai jenjang pendidikan, meliputi: (1) mengidentifikasi dan membatasi kebutuhan untuk pengembangan, (2) merancang pengembangan, (3) mengkonstruksi pengembangan, dan (4) mendeseminasikan hasil-hasil pengembangan.
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai secara mendasar dan mengevaluasi secara komprehensif dan konseptual program evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran kimia;
  • Mengembangkan program pendidikan kimia berbasis hasil-hasil evaluasi secara komprehensif dan konseptual.
Daftar Pustaka:
  • Enger, S.K & Yeger, R.E. 2009. Assessing student understanding in science. California: Crowin Press.
  • Glencoe Science Professional Series. ----. Alternate Assessment in The Science Classroom. New York: McGraw-Hill.
  • Hassard, J. 2005. The Art of Teaching Science: Inquiry and Innovation in Middle School and High School. New York & Oxford: Oxford University Press.
  • Bybee, R.W., Powell, J.C., & Trowbridge, L.W. 2008. Teaching Secondary School Science: Strategies for Developing Scientific Literacy. Colombus: Pearson-Merill Prentice Hall.
  • Thiagarajan, S., Semmel, D.Sl, & Semmel, M.I. ----. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Source Book.
  • Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan dan/atau Kurikulum dan yang relevan terbaru.