Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Pengembangan Media Interaktif dan Adaptif Mengkaji konsep dasar multimedia, program interaktif multimedia yang meliputi: perancangan, konfigurasi dan pengolahan data berupa gambar, teks, suara dan musik, serta program animasi 2D dan 3D dalam satu kesatuan program interaktif, pengertian multimedia pembelajaran, merancang pembelajaran dengan memanfaatkan multimedia, dan produksi dan pengembangan multimedia pembelajaran. Pengembangan Media Interaktif dan Adaptif mengkonstruk Konsep teoritis dan wawasan etika profesi untuk memfasilitasi pembelajaran dengan menciptakan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola lingkungan belajar yang efektif Pembelajaran berbantuan perangkat interaktif, terutama dalam kaitan dengan: o Pembelajaran berbasis mainan pintar o Teknologi adaptif o Lingkungan virtual dan simulasi
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dan teori belajar dengan memanfaatkan media interaktif dan adaptif.

  • Mampu memadukan berbagai macam media dalam rangka mendesain media interaktif dan adaptif.

  • Mampu mengembangkan media interaktif dan adaptif berdasarkan prinsip desain berbasis riset yang sudah ada.

  • Mampu mengevaluasi hasil pengembangan media interaktif dan adaptif.

Daftar Pustaka:
  • Alessi, S. M., Trollip, S. R., & Alessi, S. M. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed). Boston: Allyn and Bacon.



  • Arends, R. (2012). Learning to teach (9th ed). Dubuque, Iowa: McGraw-Hill.

  • Kalyuga, S. (2009). Managing cognitive load in adaptive multimedia learning. Hershey, PA: Information Science Reference.

  • Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions (2nd ed). San Francisco: Jossey-Bass.

  • Mayer, R. E., & Alexander, P. A. (Eds.). (2011). Handbook of research on learning and instruction. New York: Routledge.
    Smaldino, S. E. (Ed.). (2005). Instructional technology and media for learning (8th ed). Upper Saddle River, N.J: Pearson/Merrill/Prentice Hall.
    Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). Cognitive Load Theory. New York, NY: Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8126-4