Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang mengkaji tentang konsep dasar pengembangan media dan sumber belajar. Melakukan perencanaan penyusunan media dan sumber belajar dengan sesuai analisis kebutuhan, menyusun desain dengan membuat prototife, dan development yaitu produksi media dan sumber belajar yang relevan baik media konvensional dan media elektronik (ICT) untuk kepentingan pembelajaran sejarah. Memahami berbagai macam karakteristik media dan sumber sejarah seperti peta, buku teks, audio, video, media cetak, film. Menyusun berbagai macam alternatif media pembelajaran sejarah yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif, kontekstual dan bermakna dalam rangka mengembangkan wawasan pembelajaran sejarah yang mendidik.


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki kemampuan komprehensif tentang konsep dasar media dan sumber sejarah.
  • Mampu menyusun desain dengan membuat prototipe untuk media pembelajaran sejarah.
  • Dapat menyusun berbagai macam alternatif media pembelajaran sejarah dalam bentuk media audiovisual, visual atau multimedia yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara kritis, kreatif, inovatif, kontekstual dan bermakna.
Daftar Pustaka:
  • Belawati, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
  • Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo
  • Lestari, Ika. 2013. Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata.
  • Miarso, Y. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
  • Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: Diva Press.
  • Sadiman, A. S. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  • Widja, I.G. 1989. Sejarah Lokal suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti Depdikbud
  • Utami, I., Lutfi, I., Jati, S., & Efendi, M. (2019). Effectivity of Augmented Reality as Media for History Learning. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(16), 83–96.
  • Nafi’ah, U., & Utami, I. W. P. (2017). Development Of Sigil Based E-Book As Media For “Technology And Information For History Learning” Course. Paramita: Historical Studies Journal, 27(1), 103–112.
  • Sulistyo, W. D., Nafi’ah, U., & Idris, I. (2019). The Development of E-PAS Based on Massive Open Online Courses (MOOC) on Local History Materials. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(09), 119–129. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i09.10143
  • Sulistyo, W. D. (2019a). Learning Activities from Learning Resources: Pemanfaatan dan Pemaknaan Situs Sejarah Kawasan Alun-Alun Merdeka Kota Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 49–63.
  • Sulistyo, W. D. (2019b). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2). https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1910