Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Merancang perangkat pembelajaran IPS (rencana pelaksanaan pembelajaran dan media pendukungnya) dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi secara mandiri serta mengaktualisasikan secara kreatif dan inovatif dalam sesi terbatas. Mengevaluasi dan merefleksikan hasil pembelajaran IPS, guna meningkatkan kualitas.



Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang utuh tentang Technologichal Pedagogical Content Knowledge (TPACK) untuk merancang perangkat pembelajaran IPS serta menunjang kompetensi profesional sarjana pendidikan IPS.

  • Memiliki pemahaman yang utuh tentang dasar-dasar pembelajaran mikro dan konsep keterampilan dasar mengajar berlandasakan filosofii kontruktivisme.

  • Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi IPS sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berlandasakan filosofi konstruktivisme dengan memanfaatkan TIK melalui pembelajaran mikro berbasis lesson study dalam suasana konstruktif, supportif, dan bersahabat.

Daftar Pustaka:
  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


  • Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Microteaching dan Teamteaching. Jogyakarta: Diva Press.


  • Asril, Zaenal. 2013. Micro Teaching Disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


  • Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.


  • Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.


  • Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.


  • Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate The Curicula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.


  • Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.


  • Ibrohim & Istamar Syamsuri. 2008. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM.


  • Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.


  • Kemendikbud. 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


  • Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.


  • Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


  • Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


  • Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA).


  • Sumardianta, J. 2013. Guru Gokil Murid Unyu. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.


  • Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.


  • Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Penerbit ALFABETA.