Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Mengkaji berbagai konsep instrumen tes dan non tes dan prosedur pengembangannya, berlatih mengkonstruksi, mereview, dan memvalidasi instrumen tes dan non tes yang digunakan dalam Bimbingan dan Konseling. Konstruksi tes meliputi tes intelegensi, tes potensi akademik, dan tes soft skill. Konstruksi nontes meliputi inventori psikologi, skala psikologi. Tagihan perkuliahan berupa hasil pengembangan instrumen tes dan nontes yang sudah divalidasi.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memahami jenis-jenis alat dan prosedur pengukuran dan asesmen individu
  • Mahasiswa memahami pertimbangan dalam penggunaan prosedur asesmen dan pemaduannya untuk membantu individu dalam mengambil pilihan dan keputusan pendidikan dan karier
  • Mahasiswa terampil mengembangkan suatu alat pengukuran yang memenuhi standar reliabilitas dan validitas untuk mengukur suatu aspek tertentu
Daftar Pustaka:
  • Balkins, S.R., Juhnke A. G. 2018. Assessment in Counseling: Practice and Aplication. New York: Oxford University Press
  • Hays, G. D. 2017. Assessment in Counseling (5th Ed). Alexandria: Wiley
  • Neukrug, Ed. 2016. Theory, Practice, and Trends in Human Service: An Introduction. Belmont, CA: Brooks/Cole, Cengage Learning
  • Whiston, S. C. 2016. Principles and Applications of Assessment in Counseling (5th Ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole, Cengage Learning.