Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mencakup kajian tentang tantangan guru pada revolusi industri 4.0 yang meliputi lahirnya generasi digital, keterampilan abad 21, dan inovasi pembelajaran IPS; kompetensi guru; pembelajaran IPS dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik, dan model; keterampilan dasar mengajar; praktik pembelajaran mikro berbasis lesson study.
Capaian Pembelajaran
  • Menganalisis berbagai permasalahan, hambatan, dan tantangan dalam pembelajaran IPS di era revolusi industri 4.0 serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar.
  • Terampil mengimplementasikan startegi pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS baik secara individu maupun kolaboratif dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar.
  • Bertanggung jawab terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Memiliki pemahaman yang utuh tentang konsep startegi pembelajaran dalam rangka mendesain pembelajaran IPS yang kreatif dan inovatif.
  • Memiliki pemahaman yang utuh tentang konsep pembelajaran berlandasakan filosofi kontruktivisme dan berorientasi pada pengembangan kemampuan 4 C (creativity, critical thingking, communication, & collaboration).
Daftar Pustaka:
  • Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Asril, Zaenal. 2013. Micro Teaching Disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
  • Depdiknas, Tanpa tahun. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang.
  • Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  • Eskasasnanda, I.D.P., Purnomo, A., 2018. Knowledge Sharing Motivation And Benefits In Faculty Of Social Sciences Lesson Study Community (Kls) Universitas Negeri Malang. Res. Rep.
  • Eskasasnanda, I.D.P., Wahyuningtyas, N., N.D. Pembelajaran Berharga Mahasiswa Selama Pelaksanaan Lesson Study Dalam Matakuliah Kajian Pengalaman Lapangan. Daft. Isi 33.
  • Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate The Curicula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.
  • Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Ibrohim & Istamar Syamsuri. 2008. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan. Malang: FMIPA UM.
  • Kasali, R. 2017. Mengubah Generasi Rapuh Menjadi Generasi Tangguh “Strawberry Generation”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Kasali, R. 2017. Disruptoin: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  • Kurniawan, D. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktek, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.
  • Kemendikbud, 2013. Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Muchtar, Suwarma, Al. 2014. Epistemologi Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi.
  • Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, dan Nevy Farista Aristin. 2016. Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol.1(1):70-76.
  • Ratnawati, N., et.,al., 2019. Dota Gamification in Learning.