Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A7A-PLB
Deskripsi:
Materi dalam perkuliahan ini meliputi konsep Autistic Spectrum Disorder dan kaitannya dalam interaksi sosial (Pervasive Developmental Disorders), karakteristik anak autistic, paradigma perkembangan pendidikan anak autistik, model pendekatan pembelajaran terhadap anak autistic, dan isu dalam pengembangan implementasi pendidikan anak autistic.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh dan komprehensif mengenai konsep Autistic Spectrum Disorder dalan kaitannya dengan hendaya interaksi sosial
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan berrpikir kritis dan logis terhadap paradigma pendidikan dan pembelajaran anak autistik.
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh tehadap model-model pendekatan pembelajaran anak Autistik
  • Mahasiswa memiliki kemampuan merancang dan melaksanakan program pengembangan kemampuan anak Autistik
  • Mahasiswa memiliki pemikiran terbuka, logis, etika dan tanggung jawab terhadap isu-isu perkembangan layanan pendidikan anak Autistik.
  • Ujian Tengah Semester
  • Ujian Akhir Semester
Daftar Pustaka:
  • Alloy, L.B.; Riskind, lH.; and Manos, M.J. (2005). Autism. In Abnormal Psychology: Current Perspectives, Ninth Edition (pp.493-509). New York: McGraw-Hill Companies,Inc.
  • Bryson, S.E.; Landry, R.; Czapinski, P.; McConnel, B.; Rombough, v.; and Wainwright. (2004). Autistic Spectrum Disorder: Causal Mechanism and Recent Findings on Attention and Emotion International Journal of Special Education. V.19 (1) 1-8.
  • Budhiman,M.; Shattock,P.; dan Ariani, E. (2002). Langkah Awal Menanggulangi Autisme dengan memperbaiki Metabolisme Tubuh. Jakarta: Penerbit Majalah Nirmala.
  • Chaswal, L. (2001). Play. In No one Knows Why Autistic Children are Often So Beautiful, but It Can be a Great Comfort to Their Parents. Report Study Journal of Autism Network. Vol. VIII (3) 1. 11-12.
  • Delphie, B. (2006). Mengenali Anak Autistik. Bandung: Rizqi.
  • De Souza, N. (2001). Autism in Goo: Intensive Intervention and Music Sessions. Report Study Journal of Autism Network. Vol. VIII (3) 1. pp.123-13.
  • Durand, M. V. and Barlow, D. H. (2006). Autistic Disorder. In Essentials of Abnormal Psychology. (Fourth Edition). Belmont, CA: Thompson Wadsworth.
  • Jordan, R. (2001). Autism With Severe Learning Difficulties. London: A Condor Book Souvenir Press (E & A ) Ltd.
  • Jordan, S.; McLaughin, T. F. ; Weber, K. P. Derby, K. M. ; Barreto, A. ; and Williams,R. L. (2003). "The Effects of Work Then Play in Combination With a Token Economy on The Frequency of in Appropriate The Behaviors for anElementary
  • Katz, G. (2001). " Autism, Joshua, The DAN -Protocol and Immune 26". Report Study: Journal of Autism Network. Vol. VlII (3) 1.8-10.