Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A7B-PLB
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas materi tentang konsep dasar kurikulum, fungsi, jenis, komponen, landasan, prinsip-prinsip dan model pengembangan kurikulum, implementasi dan evaluasi kurikulum dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh tentang filosofi dan konsep dasar pengembangan kurikulum dalam pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh mengenai penerapan dan pengkajian strategi dan model pengembangan kurikulum dalam pembelajaran ABK
  • Mahasiswa dapat menginternalisasikan pengetahuan mengenai penerapan dan pengkajian tahap-tahap pengembangan kurikulum pada pembelajaran ABK dengan sikap terbuka, berpikir logis dan tanggungjawab. (perencanaan, implementasi, dan evaluasi kurikulum
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Rosda Karya
  • Oliva, F. Peter. 1992. Developping the Curriculum. New York : Harper Collind Publisher
  • Sukmadinata, N. Syaodih. 1997. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya
  • Sudibyo, Bambang.2007.Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) SD.Departmen Pendidikan Nasional
  • Yufiarti. 1999.Modul pengembangan muatan lokal.Departmen Pendidikan & Kebudayaan
  • Efendi, Mohammad. 2010. Pengantar pengembangan kurikulum SD. Malang: FIP ( UM )
  • M Yudha, Saputra.1999. Pengembangan kegiatan KO dan ekstra kurikuler.Departmen Pendidikan & Kebudayaan
  • Chamisijatin, Lise dkk.2008. Pengenalan kurikulum SD 3 SKS. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departmen Nasional