Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Ruang lingkup kajian berpikir historis; berbagai elemen dalam kemampuan berpikir historis antara lain signifinaksi sejarah, hubungan sebab akibat, perspektif dalam sejarah, epistemologi dan bukti sejarah, perubahan dan keberlanjutan, kemajuan dan kemunduran, dimensi etis sejarah, empati sejarah, dan agensi sejarah; aplikasi cara berpikir historis dalam pengkajian sejarah Indonesia dan dunia.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi ruang lingkup kajian berpikir historis secara kritis, adaptif dan kontekstual.

  • Mampu menguraikan kemampuan berpikir historis untuk mengkaji sejarah Indonesia dan dunia secara kritis dan kontekstual.

  • Mampu mengaplikasikan cara berpikir historis dalam pembelajaran sejarah Indonesia dan dunia secara kritis dan kontekstual.

Daftar Pustaka:
  • 1. Bertram, C dkk. 2017. Learning Historical Thinking With Oral History Interviews: A Cluster Randomized Controlled Intervention Study of Oral History Interviews in History Lessons

  • 2. Carr, E.H. 2014. Apa Itu Sejarah?. Depok: Komunitas Bambu

  • 3. Kartodirjo, S. 2014. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

  • 4. Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

  • 5. Nordholt, H.S. (eds.). 2008. Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia. Yogyakarta: YOI & KITLV Jakarta.

  • 6. Parkes, J. 2014. Changing Conceptions of Historical Thinking in History education: an Australian Case S tudy. Revista Tempo e Argumento, Florianópolis, v. 6, n. 11, p. 113‐136

  • 7. Rowse, A.L. 2014. Apa Guna Sejarah?. Depok: Komunitas Bambu.

  • 8. Seixas, P. 2008. Benchmarks of Historical Thinking: First Steps. Canadian Journal of Education 31, 4 (2008): 1015‐1038

  • 9. Tally, B & Goldenber, L.B. 2005. Fostering Historical Thinking With Digitized Primary Sources. Journal of Research on Technology in Education


  • 10. Tosh, J. 2002. The Pursuit of History: Aims, Methods and New Directions in the Study of Modern History. London: Longman. American Educational Research Journal June 2017, Vol. 54, No. 3, pp. 444–484
  • 11. Vivancos, A.E & Ferrel, L.A. 2018. What is historically significant? Historical thinking through the narratives of college students. Educ. Pesqui., São Paulo, v. 44, pp 1-16