Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
P1-P1
Deskripsi:

Matakuliah ini membahas konsep-konsep dasar metode penelitian tindakan kelas:hakikat PTK, langkah-langkah PTK, merancang PTK, melaksanakan PTK, menganalisis dan menginterpretasi sata, laporan PTK. Topik yang dibahas meliputi identifikasi dan perumusan fokus penelitian, penentuan sasaran penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pelaporan hasil penelitian.


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai hakekat penelitian pendidikan Fisika dan konsep dasar PTK

  • Menjelaskan hubungan PTK dengan pengembangan profesionalisme guru

  • Mengkaji, menganalisis dan mengomunikasikan hasil-hasil penelitian Pendidikan Fisika secara kritis untuk menyelesaikan problematik pembelajaran Fisika

  • Menguasai karakteristik komponen usulan PTK (latar belakang, kajian pustaka, metode penelitian, dan perencanaan analisis data hasil penelitian)

  • Menentukan permasalahan yang diajukan dalam PTK dengan menggunakan pemikiran logis, kritis, dan inovatif

  • Merancang dan menggunakan teknik analisis data PTK secara sistematis

Daftar Pustaka:
  • Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research, An Introduction (7th edition). Boston: Pearson Education, Inc.

  • Creswell, J.W. 2012. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research, (4thedition). Boston: Pearson Education, Inc.

  • Norton, L.S. 2008. Action Research in Teaching and Learning: A Practical Guide to Conducting Pedagogical Research in Universities. London: Roudledge Taylor & Francis Group

  • Yuliati, L. 2012. Modul PTK. Malang: PLPG UM