Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Miskonsepsi dan kesalahan-kesalahan matematis siswa ketika mengerjakan tugas-tugas Matematika sekolah (SMP dan SMA), terdiri dari: Bilangan, Aljabar, Geometri, Statistika dan Peluang, Kalkulus; Bukti matematis yang valid; Komunikasi tertulis atau lisan yang baik; Numerasi
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menganalisis miskonsepsi dan kesalahan matematis yang dilakukan siswa, dan mengidentifiaksi hal yang mungkin untuk mengatasinya.
  • 2. Menganalisis validitas argumen dalam pembuktian matematis, dan memperbaikinya sehingga didapat bukti yang valid.
  • 3. Menganalisis kelemahan komuikasi matematis dari jawaban tugas siswa, dan memperbaikinya.
  • 4. Mengembangkan penugasan numerasi (literasi matematis).
Daftar Pustaka:
  • Artikel-artikel ilmiah tentang miskonsepsi dan kesalahan matematis, proof and mathematical reasoning, mathematical communication, dan numeracy
  • Hutchings, M. Tanpa tahun. Introduction to Mathematical Arguments
  • https://math.berkeley.edu/~hutching/teach/proofs.pdf
  • Ginsburg, L. Manly, M., Schmitt, M. J. 2006. The Components of Numeracy. NCSALL.
  • Stefanoovics, A. 2014. Proofs and Mathematical Reasoning. University of Birmingham
  • Sfard, A. 2008. Thinking as Communicating: Human Development, the Growth of Discourse, and Mathematizing. Cambridge
  • Ashlock, R. B. 2006. Error Pattern in Computation: Using Error Pattern to Improve Instruction. Pearson
  • Ojose, B. 2015. Common Misconceptions in Mathematics. Strategies to Correct Them. University Press of America
  • Subanji. 2015. Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press
  • Subanji. 2016. Teori Defragmentasi Struktur Berpikir dalam Mengonstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Malang: UM Press
  • Buku Teks Matematika Kelas 7, 8, 9, 10, 11, 12.