Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Menguasai kependidikan dan pembelajaran serta mengimplementasikannya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran Biologi serta menjunjung tinggi kepekaan social, kenanekaragaman budaya, pandangan dan agama



Capaian Pembelajaran
  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dan beorientasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta kemandirian belajar


  • Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep mengajar dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dan beorientasi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif serta kemandirian belajar


  • Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi biologi (sains) sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar
  • Terampil mempraktikkan keterampilan dasar mengajar bidang studi biologi (sains) sesuai dengan karakteristik belajar dan pembelajaran yang berbasis pada filosofi konstruktivisme dan pendekatan saintifik sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 dengan memanfaatkan TIK untuk mendorong kemandirian belajar
  • Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran biologi serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK dan potensi lingkungan lokal
  • Mampu mengalisis berbagai permasalahan dan hambatan dalam pembelajaran biologi serta memecahkan masalah tersebut secara kreatif dengan memanfaatkan dan mengembangkan berbagai sumber belajar terutama yang berbasis TIK dan potensi lingkungan lokal
Daftar Pustaka:
  • Depdiknas, JICA, IDCJ. 2008. Buku Petunjuk Guru untuk Pembelajaran yang Lebih Baik. Program SISTTEMS – JICA.


  • UPT PPL. 2006. Pengajaran Mikro Berbasis Kompetensi: Kumpulan Materi Pelatihan, disajikan dalam Pelatihan Peningkatan Keterampilan Pengajaran Mikro bagi Para Dosen Universitas Negeri Yogyakarta di UPTPPL Universitas Negeri Mlang, tanggal 26 s.d 29 Juli 2006.

  • Ambili Remesh. 2013. Micro teaching, an efficient technique for learning effective teaching. Journal of research in medical sciences


  • Asril, Zaenal. 2010. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.

  • Asmani, Jamal Makmur. 2010. Pengenalan dan PelaksanaanLengkap Micro Teaching dan Team Teaching. Jogyakarta: Diva Press.


  • Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar); Buku I dan II, Edisi Ketujuh.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

  • Callahan, J.F., Clark, L.H., and Kollough, R.D. 1992. Teaching in the Midle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company.

  • Darmadi, Hamid. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.


  • Johnson, Elaine B. 2007. Contextual Taeching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC


  • Kemendikbud, 2013. Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta.


  • Louisell, R. D. and Descamp, J. 1992. Developing Of Teaching Style.


  • Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang (JICA)