Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Statistika Pendidikan merupakan matakuliah yang menerapkan dalam melakukan eksplorasi, evaluasi, sintesis, dalam kaitannya dengan kontek menerapkan statistika dalam penelitian pendidikan untuk meningkatkan belajar, pembelajaran dan memperbaiki unjuk kerja melalui Statistika Pendidikan. Matakuliah Karya Tulis Ilmiah juga memberikan wadah kepada mahasiswa yang terkait dengan bagaimana melakukan/menunjukkan Assessing/ Evaluasi terhadap lingkungan belajar, untuk dipecahkan melalui metode yang ilmiah berlandaskan teori Teknologi Pendidikan dan Kode Etik Profesi secara faktual, konseptual dan prosedural dalam Statistika Pendidikan
Capaian Pembelajaran
  • • Mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengungkapkan metode yang terkait dengan bagaimana memecahkan masalah dalam mendukung praktik belajar dan pembelajaran melalui Statistika Pendidikan yang ilmiah dalam melakukan penilaian dan evaluasi proses, pada konteks belajar, pembelajaran dan kinerja.
  • • Mahasiswa memiliki sikap dalam menghargai berbagai pendapat dalam konteks Statistika Pendidikan, kepekaan terhadap kebutuhan pebelajar sebagai pengguna Statistika Pendidikan, serta menggunakan etika akademik dalam mengevaluasi kondisi lingkungan belajar yang diwujudkan dalam sebuah karya tulis ilmiah sebagai landasan responsif dan adaptif.
  • • Mahasiswa menunjukkan kemampuan logis, kritis dan inovatif dalam melakukan Statistika Pendidikan yang menjadi landasan untuk menguatkan kemampuan memutuskan secara profesional bagaimana melakukan pengembangan, penggunaan dan pengelolaan berpikir ilmiah. Mahasiswa secara khusus mampu berkontribusi dalam mengembangkan teori dan praktik Teknologi Pendidilan dalam Statistika Pendidikan dengan melakukan studi, meneliti, dan praktik secara profesional berdasarkan pedoman dan prosedur
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.