Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
AA-AA
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar dan kebutuhan kelas. Matakuliah ini berisi materi: (1) prinsip dan prosedur pengembangan materi pembelajaran menjadi bahan ajar, (2) model bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, (3) teknik mengidentifikasi permasalahan di kelas terkait bahan ajar, (4) teknik pengembangan materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia menjadi bahan ajar, serta (5) teknik analisis implementasi bahan ajar dalam pembelajaran di kelas.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menguasai konsep, dasar, fungsi, dan karakteristik materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (BSI) untuk jenjang SMP/M.Ts. dan SMA/MA/SMK.
  • Mahasiswa menguasai prosedur penyusunan materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta mengimplemntasikan dalam praktik penulisan buju ajar.
  • Mahasiswa merancang model penyususnan materi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  • Mahasiswa mampu menghasilkan bahan ajar bahasa dan sastra Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • Anderson, L.W, dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman, Inc.
  • Dawud; Nurhadi; Pratiwi, Yuni; Rani, Abdul. 2004. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas X--XII. Jakarta: Erlangga.
  • Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54, 65, 66, 67, 68, 69 Tahun 2013 tentang SKL, Standar Proses, KD dan Struktur Kuriklum SD—SMA/SMK.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran Layak.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
  • Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing. Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. E-Book
  • Nurhadi; Dawud; Pratiwi, Yuni. 2007. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP Kelas VII-IX. Jakarta: Erlangga.
  • Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.