Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A21-BK
Deskripsi:
Memfasilitasi mahasiswa mengidentifikasi permasalahan, mereview teori dan hasil penelitian yang relevan dengan bidang Bimbingan dan Konseling khususnya ide penelitian yang akan dikembangkan, dan dilanjutnya dengan penyusunan proposal tesis. Kegiatan perkuliahan berupa identifikasi ide-ide dan permasalahan, penyusunan rencana penelitian, kajian teori yang relevan dengan permasalahan penelitian, dan metode yang digunakan melalui sumber-sumber berupa artikel jurnal dan hasil penelitian. Tagihan perkuliahan berupa proposal tesis yang diseminarkan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menyajikan hasil kajian dan ulasan teori dan hasil penelitian terkait isu-isu bimbingan dan konseling sebagai landasan penelitian Tesis.
  • Mahasiswa mampu menyajikan kerangka berpikir naratif dan diagramatik penelitian Tesis.
  • Mahasiswa mampu menyajikan hasil kajian dan analisis sumber-sumber rujukan sebagai kerangka teoritik penelitian Tesis.
  • Mahasiswa mampu menyajikan desain metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian Tesis
  • Mahasiswa menghasilkan rencana proposal Tesis yang telah memenuhi kriteria gaya selingkung Universitas Negeri Malang (PPKI)
Daftar Pustaka:
  • Albert, T. 2016. Winning the Publication Game: The smart way to write your paper and get it published (4th Ed). Florida: Taylor and Francis Group.
  • American Psychological Association. 2020. Publication Manual of the American Psychological Association (7th Ed.). Washington DC: American Psychological Association.
  • Barbara, G., & Day, R.A. 2016. How to Write and Publish a Scientific Paper. California: Greenwood.
  • Chin, B.A. 2004. How to Write a Great Research Paper. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
  • Flamez, B., Lenz, A. S., & Balkin, R. S. 2017. A Counselor’s Guide to the Dissertation Process: Where to Start and How to Finish. Alexandria: American Counseling Association.
  • Hidayah, N. 2012. Process-Audit dalam Penyelenggaraan Pendidikan Akademik Jenjang S-1 Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 17(2), 129-139.
  • Kornuta, H.M., & Germaine, R.W. 2019. A Concise Guide to Writing a Thesis or Dissertation: Educational Research and Beyond (2nd Ed). Albrighton: Rouletdge.
  • Miller, A. B. 2009. Finish Your Dissertation Once and For All: How to Overcome Psychological Barriers, Get Results and Move on with Your Life. Washington DC: American Psychological Association.
  • Rahman, D. H. 2019. The Development and Validation of the Thesis-Writing Procrastination Scale. In International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (pp. 65-70). RedWhite Press.
  • Rahman, D. H., Setyosari, P., Atmoko, A., & Hidayah, N. 2019. The Development of the Thesis-Writing Perfectionism Inventory. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(10), 643-648.
  • Turabian, K. L. 1996. A Manual for Writers of Term Papers, Theses, and Dissertations. Chicago: The University of Chicago Press.
  • Universitas Negeri Malang, 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang