Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B20-SD2
Deskripsi:
Konsep dasar, wawasan penelitian pendidikan, formulasi permasalahan penelitian pendidikan SD, kajian teoritik permasalahan dan prosedur penelitian, jenis-jenis penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas, penyusunan proposal penelitian berkaitan dengan proses pembelajaran di SD, sistematika laporan penelitian
Capaian Pembelajaran
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bidang kependidikan sekolah dasar
  • Menguasai prosedur ilmiah yang dapat digunakan untuk kajian problematika pembelajaran dan solusinya melalui implementasi analisa kualitatif berorientasi PAIKEM BATIK
Daftar Pustaka:
  • Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta
  • Moleong, 1996, 2017?. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Akbar, 2010-a. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, dan Implementasi, Yogyakarta: Cipta Media
  • Akbar, 2010-b. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Ciptamedia
  • James Mannoia, 1980. What Is Science
  • Miles, Matthew B, A.Michael Huberman, 1992. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: UI Press
  • Christensen, Larry dan dan Burkejohnson, 2008. Educational Risearch: Quantitattive, Qualitative, and Mixed Approaches, Third Edition, London: Sage Publication
  • Dick, Walter, Lou Carey, James O Carry, 2015. The Systematic Design of Instruction, New York: Pearson
  • Sa’dun Akbar, 2018, Handout Perkuliahan (Daring Asinkron)