Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
H-H
Deskripsi:
Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen ini merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh Program Studi S1 Manajemen. Isu yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi Konsep dasar Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Teknologi;Jenis-jenis Informasi;Sumber Daya Informasi;Perangkat Hardware dan Software Penunjang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi;Basis Data;Telekomunikasi dan Jaringan Kerja;Internet dan Intranet;Pengembangan Sistem;Alat Bantu pada Sistem Informasi;Sistem Pengendalian Manajemen;Menjelaskan Aplikasi Sistem Informasi;Sistem Pemandu Keputusan;Aplikasi Sistem Informasi; Organisasi Manajemen;Infrastruktur teknologi informasi;aplikasi sistem utama pada era digital;membangun dan mengelola sistem.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu memahami konsep dasar organisasi, manajemen, serta jejaring perusahaan yang saling terkoneksi khususnya dalam era bisnis global, bisnis digital, dan era kolaborasi saat ini
  • Mampu memahami dan mendeskripsikan infrastruktur IT serta teknologi penting terkait sistem informasi seperti internet, telekomunikasi dan wireless sebagai dasar business intelligence.
  • Mampu memahami aplikasi-aplikasi sistem kunci untuk era digital dalam rangka mencapai operational excellence, customer intimacy, serta meningkatkan pengelolaan pengetahuan dan pengambilan keputusan yang lebih baik dalam organisasi.
  • Mampu menganalisis kebutuhan sistem informasi dalam organisasi serta mendeskripsikan tahapan pengembangan sistem informasi dalam organisasi, terutama saat mengelola proyek dan sistem global
Daftar Pustaka:
  • Loudon, K.C., & Loudon, J.P. 2018. Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Fifteenth Edition (Global Edition). Pearson Education Limited, Essex, England.
  • Loudon, K.C., & Loudon, J.P. 2017. Essential of Management Information Systems. Twelfth Edition. Pearson Education.