Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Kajian Matakuliah ini meliputi: (1) teori-teori kepribadian yang berorientasi pada teori-teori sifat, behavioristik, psikodinamis, dan holistik; (2) memahami pengaruh: keadaan fisik--biologis, sosial-budaya—termasuk kehidupan keluarga, Agama, dan situasi psikologis—termasuk emosi dan motivasi dalam perkembangan kepribadian. (3) keunikan, keutuhan, dan deferensiasi kepribadian. (4) memahami tingkatan-tingkatan kepribadian (levels of personality). (5) memahami karakteristik kepribadian secara lintas budaya. (6) memahami metode asesmen kepribadian, dan (7) mampu memanfaatkan teori-teori kepribadian untuk keperluan pendidikan secara praktis pada pendidikan dasar.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa menganalisa dan mendeskripsikan dasar dan teori Psikologi Kepribadian Siswa SD.
  • Mahasiswa memecahkan masalah Psikologi Kepribadian Siswa SD berdasar nilai-nilai keindonesiaan.
Daftar Pustaka:
  • Beck, R,C,. 1992. Applying Psychology. Critical & Creative Thinking. New Jersey: Prentice Hall.
  • Corr, J,C. & Matthews, G. (Eds.) The Cambridge Handbook of Personality Psychology. Melbourne: Cambridge University Press.
  • Hanurawan, F. 2020. Filsafat Manusia untuk Ilmu Psikologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.