Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji konsep sastra remaja, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan remaja, dan karakteristik sastra remaja serta teori sastra remaja. Setelah mengkaji hal-hal itu, peserta matakuliah diharapkan dapat memanfaatkan sastra remaja untuk bahan kajian dan pengembangan media sastra remaja.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar sastra anak, hubungan antara sastra dan psikologi perkembangan anak, jenis-jenis dan karakteristik sastra anak.
  • Mahasiswa dapat memilih metode penulisan sastra anak.
  • Mahasiswa menghasislkan karya sastra anak dan mempublikasikannya.
Daftar Pustaka:
  • Ali, Soraya. 1994. The Reader-Response Approach: An Alternative for Teaching Literature in a Second Language. Journal of Reading, 37(4):288-296.
  • Dworetzky, J.P. 1990. Introduction to Psychology Development. St. Paul: West Publishing Company.
  • Hasanah, Muakibatul. 2012. Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-anak untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa SD. Litera. (1): 95-110.
  • Huck, C.S., S. Hepler, J. Hickman. 1987. Children's Literature in the Elementary School. New York: Holt-Rinehart.
  • Iser, W. 1974. The Reading Process: A Phenomenological Approach. Dalam Ralph Cohen (Ed.). New Directions in Literary History. London: RKP.
  • Lukens, R.J. 1995. A Critical Handbook of Children’s Literature. New York: Harper Collins College Publishers.
  • McGee, L.M. & Tompkins, G.E. 1995. Literature-Based Reading Instruction: What's Guiding the Instruction?. Language Arts, 72:405-414.
  • Wollman-Bonilla, J.E. & Werchadlo, B. 1995. Literature Response Journals in a First Grade Classroom. Language Arts, 72(8):562-570.
  • Stewig, J.W. 1980. Children and Literature. Chicago: Rand McNally College Publishing.
  • Nurgiyantoro, B. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.