Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C20-SD2
Deskripsi:
Konsep dasar, wawasan penelitian pendidikan, formulasi permasalahan penelitian pendidikan SD, kajian teoritik permasalahan dan prosedur penelitian, jenis-jenis penelitian kuantitatif, penelitian dan pengembangan, penyusunan proposal penelitian berkaitan dengan proses pembelajaran di SD, sistematika laporan penelitian.
Capaian Pembelajaran
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bidang kependidikan sekolah dasar berdasarkan nilai humaniora, kaidah, tata cara, dan etika ilmiah
  • Menerapkan prosedur ilmiah dalam penyusunan kajian problematika pembelajaran dan solusinya melalui implementasi analisis kuantitatif dan kualitatif berorientasi pada PAIKEM BATIK
Daftar Pustaka:
  • Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Penerbit Alfabeta
  • James Mannoia, 1980. What Is Science
  • Christensen, Larry dan dan Burkejohnson, 2008. Educational Research: Quantitattive, Qualitative, and Mixed Approaches, Third Edition, London: Sage Publication
  • Dick, Walter, Lou Carey, James O Carry, 2015. The Systematic Design of Instruction, New York: Pearson
  • Sa’dun Akbar, 2018, Handout Perkuliahan (Daring Asinkron)