Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
S-S
Deskripsi:
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memfasilitasi mahasiswa mengembangkan kecakapan belajar mandiri sepanjang hayat melalui kegiatan mencari, mengkaji, dan mensitesa artikel penelitian dalam bidang asesmen pendidikan fisika terutama dari aspek kerangka teori, metode, dan hasil pengembangan instrumennya. Bidang yang dikaji meliputi antara lain (tidak terbatas pada) penguasaan konsep, pemecahan masalah, berpikir kritis, beragrumentasi ilmiah, pandangan siswa/guru terhadap fisika dan belajar/mengajar fisika, dan physics identity. Dampak jangka pendek perkuliahan akan tampak ketika mahasiswa menyusun proposal penelitian, naskah disertasi, dan publikasi. Bagi mahasiswa yang tema penelitiannya dalam bidang asesmen, akan tampak pada penguasaan state of the art dan novelty penelitiannya. Bagi mahasiswa yang tema penelitiannya di luar asesmen, akan nampak dalam kecanggihan instrumen penelitiannya. (P-8, KK-1, KU-3, KU-4).
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai secara komprehensif teori, konsep, prinsip, dan teknik asesmen dalam dalam berbagai aspek pendidikan fisika meliputi antara lain (tidak terbatas pada) penguasaan konsep, pemecahan masalah, berpikir kritis, bergumentasi ilmiah, pandangan siswa/guru terhadap fisika dan belajar/mengajar fisika, dan physics identity
Daftar Pustaka:
  • Brookhart, S. M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. ASCD.
  • Dolin, J., & Evans, R. (Eds.). (2017). Transforming assessment: Through an interplay between practice, research and policy (Vol. 4). Springer.
  • Lederman, N. G., Bartos, S. A., & Lederman, J. S. (2014). The development, use, and interpretation of nature of science assessments. In Matthews (ed), International handbook of research in history, philosophy and science teaching (pp. 971-997). Springer.
  • Daniel, K. L. (Ed.). (2018). Towards a framework for representational competence in science education (Models And Modeling In Science Education, Vol. 11). Springer. –Part III.
  • Artikel-artikel terbaru (10-20 tahun terakhir) di jurnal Physical Review Physics Education Research dan jurnal lain dalam bidang pendidikan fisika, pendidikan sains, dan disiplin ilmu lainnya yang relevan.
  • Berbagai instrumen asesmen dalam pendidikan fisika yang dikoleksi di website http://www.physport.org beserta artikel yang menyertainya.