Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C20-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memiliki unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin; (2) Sikap, berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; dan (3) Keterampilan, Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan. Materi kuliah memuat cara melakukan penelitian berdasarkan kaidah ilmiah menurut paradigma naturalistik yang melahirkan pendekatan kualitatif. Perkuliahan dilakukan dalam bentuk tatap muka, terstruktur, dan kegiatan mandiri meliputi kajian referensi, analisis masalah, praktik simulatif tentang penyusunan proposal, pelaksanaan, dan pelaporannya.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami paradigma naturalistik yang melahirkan tradisi penelitian kualitatif dan perbedaannya dengan paradigma ilmiah yang melahirkan tradisi penelitian kuantitatif. Memahami sejumlah metode dan rancangan dalam penelitian kualitatif
  • Memahami paradigma naturalistik yang melahirkan tradisi penelitian kualitatif dan perbedaannya dengan paradigma ilmiah yang melahirkan tradisi penelitian kuantitatif. Memahami perbandingan pendekatan kualitatif dengan kuantitatif.
  • Menguasai hakikat, pengertian, karakteristik, tujuan, fungsi, manfaat, jenis, dan proses penelitian kualitatif
  • Mampu mengenali permasalahan dan menemukan alternatif solusi dalam substansi dan proses manajemen pendidikan
  • Mampu melakukan penelitian kualitatif dalam bidang manajemen pendidikan, mulai dari menyusun proposal, melakukan pengumpulan dan pengolahan data, serta penyusunan laporan dan penyebarluasan hasil penelitiannya
  • Mampu melakukan penelitian kualitatif dalam bidang manajemen pendidikan, mulai dari menyusun proposal, melakukan pengumpulan dan pengolahan data, serta penyusunan laporan dan penyebarluasan hasil penelitiannya
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Arifin, I. (Eds). 1996. Penelitian Kualitatif dalam bidang Ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.
  • Arifin, I. 2015. Rancangan studi kasus, multi kasus, dan multi situs dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Semarang: Unes.
  • Creswell, John W., Poth, Cheryl N. 2017. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.
  • Fisher, Mike. 2017. Qualitative Computing: Using Software for Qualitative Data Analysis. London: Routledge Taylor & Francis.
  • Mantja, W. 2003. Etnografi: Desain Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media.
  • Moleong, L.J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  • Onwuegbuzie, A. J., & Weinbaum, R. K. 2017. A Framework for Using Qualitative Comparative Analysis for the Review of the Literature. The Qualitative Report. 22(2), 359-372.
  • Ulfatin, N. 2014. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Teori dan Aplikasinya. Cetakan ke 2. Malang: Bayumedia Publishing.
  • Yin, R.K. 2006. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terjemahan oleh Djauzi Mudzakir. Jakarta: Raja Grafindo Persada.