Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A-ABC
Deskripsi:
Menganalisis
arah perkembangan kurikulum pendidikan sains/biologi di Indonesia, membahas
pendekatan, strategi, dan model pembelajaran, menganalisis artikel jurnal
hasil penelitian pembelajaran biologi sebagai dasar untuk menyusun rancangan
pembelajaran biologi, merancang pembelajaran biologi inovatif berbasis
kostruktivisme, saintifik, isu terkini, keragaman siswa, dan potensi
daerah/lokal.
Capaian Pembelajaran
Menjelaskan karakteristik pembelajaran biologi yang inovatif
Menganalisis Pembelajaran Berbasis Kehidupan (Life based Learning)
Menganalisis ciri pembelajaran abad 21
Menganalisis sikap, ciri, dan karakter guru abad 21
Mengembangkan kurikulum berbasis kemajuan abad 21
Mengembangkan dan mengukur kecakapan hidup abad 21
Menerapkan model/strategi/metode pembelajaran yang sesuai dengan abad 21
Menganalisis Pemanfaatan teknologi dalam menunjang pembelajaran
Mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis teknologi
Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills. A Guide to evaluating mastery and authentic learning. Thousand Oaks, California: A Sage Company.
National Science Teachers Association (NSTA). 2011. NSTA position statement: Quality science education and 21st-century skills. www.nsta.org/about/
positions/21st century.aspx diakses 8 November 2011.Partnership for 21st Century Skills. 2002. Learning for the 21st Century. A Report and MILE Guide for 21st Century Skills. www.21centuryskills.org.P21.Report.pdf, diakses 10 Maret 2012.
Ritchhart, R. Church, M. Morrison, K. 2011. Making Thinking Visible. San Francisco: Josey-Bass, A Wiley Imprint.
Wang, H. Dan Gearhart, D. 2006. Designing and Developing Web-based Instruction. Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hill.
Cooperrider, D. L., Whitney, D., & Stavros, J. M. 2008. APPRECIATIVE INQUIRY Handbook for Leaders of Change SECOND EDITION. California: Berrett-Koehler Publishers, Inc
Murphy, M.; Redding, S.; & Twyman, J. 2013. Handbook on Innovation in Learning. Philadelphia, PA: Center on Innovations in Learning, Temple University.
- Teacher: Rifka Fachrunnisa
- Teacher: Herawati Susilo