Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A1A-BK
Deskripsi:
Matakuliah ini mempelajari tentang konsep dasar asesmen nontes, validitas dan reliabilitas, sejarah, kode etik, pengembangan dan pemilihan instrumen non tes, jenis-jenis non tes (self Report dan other report), interpretasi dan penggunaan hasil instrumen non tes dalam layanan bimbingan dan konseling.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan perspektif asesmen sebagai langkah awal layanan
  • Mahasiswa mampu menjelaskan alasan dan pentingnya penggunaan asesmen non tes
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep validitas dan reliabilitas dalam pengembangan instrumen non tes
  • Mahasiswa mampu memilih teknik asesmen non tes sesuai dengan pertimbangan usia, gender, etnik, bahasa, kultur, agama, dan faktor-faktor lain dalam asesmen individu, kelompok, dan populasi khusus
Daftar Pustaka:
  • Cronbach, L. J. 1990. Essentials of psychological testing. New York: Harper Collins Publishers, Inc.
  • Crocker, linda&Algina, James. 2008. Introduction to Classical and Modern Test Theory. USA: Cengage Learning.
  • Darling-Hammond, L. & Snyder, J. 2001. Authentic assessment of teaching in context. http://www.contextual.org/abs2.htm (download, Oct 29th 2001).
  • Hidayah.N. 1998. Pemahaman Individu: Teknik Non Tes. Malang: FP UB.
  • Hidayah.N. 2012. Pemahaman Individu: Teknik Non Tes. Malang: FP UB.
  • Hidayah.N. 2015. PedomanPraktikum: DCM. Malang: BKP FIP UM.
  • Hidayah.N, dkk,. 2006. PedomanPraktikum: Software Instrumen Non TesMalang: BKP FIP UM.
  • PB ABKIN. 2007. Naskah Akademik: Penataan Pendidikan Profesional Konselor. Jakarta: ABKIN.
  • Dikbud. 2017. POP Bimbingan dan Konseling SD.
  • Dikbud. 2017. POP Bimbingan dan Konseling SMP.
  • Dikbud. 2017. POP Bimbingan dan Konseling SMA&SMK.
  • Shane, L.J. and Snyder, C.R. 2007. Positive Pychological Assessment: A Handbook of models and measures. Washington: APA.