Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Matakuliah pengembangan bahan pembelajaran sejarah merupakan matakuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah. Matakuliah ini berfokus pada upaya peningkatan pengetahuan dan sekaligus keterampilan dalam mengembangkan bahan pembelajaran sejarah yang menekankan pada nilai-nilai inovasi dan kreativitas yang edukatif, melalui pengkajian dan implementasi untuk pengembangan berbagai model bahan pembelajaran sejarah.


Capaian Pembelajaran
  • Memiliki kemampuan komprehensif tentang konsep dasar bahan pembelajaran sejarah, klasifikasi dan jenis bahan pembelajaran sejarah.
  • Memiliki pemahaman Ragam bahan ajar baik secara cetak dan non cetak untuk mencari alternatif pemecahan masalah secara inovasi, kreativ dan edukatif, melalui pengkajian dan implementasi untuk pengembangan berbagai model bahan pembelajaran sejarah.
  • Mampu menyusun berbagai macam alternatif bahan ajar melalui pengkajian dan implementasi untuk pengembangan berbagai bentuk bahan pembelajaran sejarah dengan menyesuaikan pada kebutuhan berdasarkan pemahaman dan kemampuan mengaplikasikan karakteristik bahan-bahan pembelajaran sejarah yang mampu menunjang kegiatan belajar siswa dan sesuai kurikulum matapelajaran sejarah di SMA secara inovasi, kreativ dan edukatif.
Daftar Pustaka:
  • Sharon E. Smaldino, Deborah L. Lowther, & James D. Russel. 2014. Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana.
  • Sudirdjo, Sudarsono. & Siregar Eveline. 2007. Media Pembelajaran sebagai Pilihan dalam Strategi Pembelajaran. Dalam Dewi Salma Prawiradilaga & Eveline Siregar (Eds.), Mozaik Teknologi Pendidikan (hlm.4-13). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  • Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
  • Nafi’ah, U. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA DIRECTOR MX.
  • Nafi’ah, U., & Wijaya, D. N. (2019). The Development of Digital Book of European History to Shape the Students’ Democratic Values. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(6).
  • Andi Prastowo. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana
  • Andi Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran Inovatif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.
  • Arif S Sardiman, dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
  • Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Benny A Pribadi, Yuni Katrin. 2004. Media Teknologi Modul UT. Jakarta: UT.
  • Budi Sutedjo Dharma Utomo. 2002. e-Education: Konsep, Teknologi, dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  • Chomsin S Widodo, Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  • Daryanto & Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media
  • Imas Kurniasih & Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena
  • Joseph Mbulu dan Suhartono. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Penerbit Elang Mas.
  • Kurikulum 2013. Silabus Mata Pelajaran Sejarah Indonesia (Wajib) dan Mata Pelajaran Sejarah (Peminatan) SMA/MA/SMK untuk Bahan Pelatihan. Jakarta: BPSDMP4TK Depdikbud
  • Munandir. Rancangan Pembelajaran Sistematik. Jakarta:
  • Onno W Purbo, Antonius Adityo, Hartanto. 2002. Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQl. Jakarta: PT Elex Media Komputindo- Gramedia
  • Punaji Setyosari. 2001. Rancangan Pembelajaran, Teori dan Praktek. Malang: Elang
  • Rusman, Dedi Kurniawan & Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.