Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Matakuliah ini berisi kajian tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi interaksi pembelajaran sejarah di era digital yang bersifat edukatif; komponen interaksi pembelajaran sejarah; faktor yang mempengaruhi interaksi pembelajaran; unsur-unsur interaksi pembelajaran; peran, fungsi, dan tanggung jawab guru; peran, fungsi, dan tanggung jawab siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan untuk mendukung profesionalitas sebagai tenaga pendidik yang inovatif.


Capaian Pembelajaran
  • Menjelaskan secara komprehensif konsep dan teori interaksi pembelajaran.
  • Menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait
  • Menganalisis berbagai kondisi interaksi pembelajaran yang ideal di era digital.
  • Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses interaksi pembelajaran sejarah di era digital.
Daftar Pustaka:
  • Ahmadi, A. 1996. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Sari.
  • Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
  • Faisal, S. 2000. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
  • Ibrahim & Syaodi. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  • Irianto, Y. 2014. Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikasi & Edukatif di Dalam Kelas. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media
  • Roestiyah N.K. 1994. Masalah Pengajaran (Sebagai Suatu Sistem). Jakarta: PT Rineka Cipta
  • Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  • Setyanto, N.A. 2017. Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar-Mengajar. Jakarta: Diva Press