Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:

Ruang lingkup kajian historiografi buku teks pelajaran sejarah; buku teks pelajaran sejarah sebagai historiografi beserta implikasi metodologinya; buku teks pelajaran sejarah sebagai official history; pengaruh perspektif dan ideologi dalam penulisan buku teks sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer; pengaruh kebijakan pendidikan dan jiwa zaman (zeitgeist) dalam historiografi buku teks pelajaran sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu mengidentifikasi ruang lingkup kajian historiografi buku teks pelajaran sejarah secara kritis, adaptif dan kontekstual.
  • Mampu menganalisis buku teks pelajaran sejarah sebagai historiografi secara kritis dan kontekstual.
  • Mampu mengevaluasi pengaruh kebijakan pendidikan dan jiwa zaman (zeitgeist) dalam historiografi buku teks pelajaran sejarah sejak masa Hindia Belanda hingga kontemporer secara kritis dan kontekstual.
  • Mampu menginternalisasi nilai dan norma akademik dalam menganalisis historiografi buku teks sejarah
Daftar Pustaka:
  • Ahmad, T.A. 2016. Sejarah Kontroversial dalam Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Darmawan, W. 2010. “Historiography Analysis of History Text Book from Neerlandocentric to Scientific” dalam Historia: International Journal of History Education, Vol. XI, No. 2., 99-118
  • Darmiasti. 2002. “Penulisan Buku Pelajaran Sejarah Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas tahun 1964 – 1984: Sejarah Demi Kekuasan”. Tesis. Tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Indonesia
  • Mulyana, A. 2011. Historiografi Buku Teks Pelajaran Sejarah di Sekolah: Antara Kepentingan Kekuasaan dan Studi Kritis. dalam http://berita.upi.edu/2011/07/26/historiografi-buku-teks-pelajaran-di-sekolah/
  • Utami, I.W.P. 2012. “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)”. Tesis. Tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.