Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Menguasai teori-teori belajar dan pembelajaran fisika dan mampu menerapkannya untuk mengembangkan pembelajaran fisika yang inovatif yang berorientasi pada kecakapan akademik, personal, dan social (life skills) berdasarkan kajian kritis tentang problematika pendidikan fisika sesui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki wawasan yang luas tentang isu dan problematika pendidikan fisika serta berbagai alternatif pemecahannya.
Daftar Pustaka:
  • NRC, 2012. A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington: The National Academic Press
  • Massachusetts Department of Elementary and Secondary Education, 2016. Massachusetts Science and Technology-Engineering Curriculum Framework: Brief Description of Each Science and Engineering Practice (pp. 102-104)
  • Docktor, J.L. & Mestre, J.P. 2014. Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topic - Physics Education Research, 10, 020119
  • Berbagai artikel penelitian pendidikan fisika, terutama tentang penguasaan konsep, pemecahan masalah (termasuk perbedaan antara expert dan novice problem solver), matematika dalam fisika, kesulitan siswa bekerja dengan vector dan grafik, dan kesulitan siswa yang bersumber dari aspek Bahasa.