Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
D-D
Deskripsi:
Konsep, prinsip, kaidah dan norma metode ilmiah dan penerapannya dalam pelaksanaan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian pengembangan yang meliputi: identifikasi dan perumusan masalah penelitian, kajian pustaka/teori, variabel penelitian, perumusan hipotesis, rancangan atau desain penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, pengumpulan dan analisis data, penyusunan usulan penelitian sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Capaian Pembelajaran
Memahami hakekat penelitian sebagai metode ilmiah.
Memahami kedudukan dan fungsi penelitian sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan untuk menemukan solusi atas masalah-masalah kemanusiaan dan pembangunan
Mengidentifikasi dan menganalisis masalah penelitian berdasarkan rujukan yang relevan dan mutakhir
Merancang penelitian sesuai dengan sifat permasalahan dan karakteristik sasaran penelitian dengan prosedur yang baik dan benar
Mengomunikasikan hasil rancangan penelitian sesuai dengan kaidah pelaporan ilmiah.
Creswell, J.W. 2008. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3nd Edition). California, USA: Sage Publications, Inc.
Fraenkel, J. R. & Wallen, N. E. 2006. How to design and evaluate research in education (6th eds.). New York: McGraw-Hill Ary, D., Jacobs, L.C & Razavich, A. 2000. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional.
Biro AAPSI. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Univ. Negeri Malang.
Best, J.W, Kahn J.P. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Sanafiah Faisal 1982.
Bodgan, R. & Taylor, S. J. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Terjemahan A. Khozin Affandi.
Hadi, S. 2001. Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psykologi UGM.
Mc.Taggart & Kemmis, S. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI). 2017. Malang: UM PressPedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI). 2017. Malang: UM Press
- Teacher: SRI RAHAYU