Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
PR-BK
Deskripsi:

Pokok-pokok bahasan:
Teori dan karakteristik anak dan remaja; jenis, preferensi, dan analisis hubungan sebab akibat atas problematika anak dan remaja dalam kontek sosial budaya tertentu; pengembangan program bimbingan dan konseling yang spesifik sesuai hasil analisis problematika anak dan remaja; serta kajian teori dan pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah berdasarkan isu-isu problematik anak dan remaja.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan jenis, persentasi kejadian, intensitas dan analisis hubungan sebab akibat problematika anak dan remaja berdasarkan suatu teori tertentu dalam seting pendidikan serta latar belakang sosial budayanya.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis suatu problematika anak dan remaja, serta mampu menyusun rancangan program bimbingan dan konseling yang lebih spesifik dengan problematik tersebut (tertentu) secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan yang relevan
  • Mahasiswa mampu menggunakan hasil kajian problematik anak dan remaja sebagai kajian masalah dan isu bimbingan dan konseling, khususnya dalam latar sekolah/pendidikan, baik yang bersifat teoritik maupun praktik pelaksanaan bimbingan dan konseling
  • Mahasiswa juga mampu mengkaji pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah berdasarkan problematik anak dan remaja, sosial budaya, masalah-masalah etik layanan bimbingan (referal, penilaian, dsb), dan isu-isu kontroversial lainnya dalam bidang bimbingan dan pendidikan terkait anak dan remaja
Daftar Pustaka: