Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B9-SD2
Deskripsi:
Matakuliah
ini memberi bekal pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang hakikat
pendidikan anak ABK; jenis dan karakteristik anak
ABK; dasar
penyelenggaraan
pendidikan ABK; Jenis dan ragam layanan pendidikan dan latihan bagi
ABK; hakikat
dan dasar pendidikan Inklusi; ragam dan perbedaan pendidikan segregasi, terpadu
dan
inklusi;
persyaratan
sekolah/TK penyelenggara pendidikan inklusi; mengkaji kurikulum dan sistem penilaian pendidikan
Aud di sekolah/TK inklusi.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mengkaji hakikat anak berkebutuhan khusus (ABK) dan pendidikan anak berkebutuhan khusus (PABK)
Mahasiswa mampu mengkaji jenis dan ragam layanan pendidikan khusus bagi ABK
Mahasiswa mampu mengkaji hakikat pendidikan Inklusi dan perbedaannya dengan pendidikan Reguler
Mahasiswa menguasai penerapan pendidikan inklusi di lembaga pendidikan Paud
UTS
UAS
Elkins, J. 2007. Educating Children with Special Needs. New York. Prentice HalMargery & Neely. 2002. Counselling and Guidance Practices with Special Education Student. Homewood. The Dorsey Press
Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. 1994. Early Childhood Education. An Introduction, 3rd. Edition. New York: MacMillan College Publishing Company.
Seefeldt C dan Nita B. 1994. Early Childhood Education. New York: Macmillan
Depdiknas 2004.Pedoman Penyelenggaraan pendidikan Inklusi di sekolah,. Jakarta, Subdit Pendidikan Khusus dan LayananKhusus
Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. 2010. Petunjuk Teknis penyelenggaraan TK Inklusi. Surabaya. Subdit PK&LK Dindik Provinsi Jatim
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan RoudhatulAthfal. Jakarta: Puskur, Balibang Depdiknas.
------------, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Moeslicatoen R. TanpaTahun. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: P2TA, DitjenDikti, Depdikbud
Wardani. 2005. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta. Depdikbud, Universitas Terbuka
- Teacher: Tomas Iriyanto