Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
C9-SD2
Deskripsi:

 Matakuliah ini memberi bekal pengalaman belajar kepada mahasiswa tentang hakikat pendidikan anak ABK; jenis dan karakteristik anak ABK; dasar penyelenggaraan pendidikan ABK; Jenis dan ragam layanan pendidikan dan latihan bagi ABK; hakikat dan dasar pendidikan Inklusi; ragam dan perbedaan pendidikan segregasi, terpadu dan inklusi; persyaratan sekolah/TK penyelenggara pendidikan inklusi; mengkaji kurikulum dan sistem penilaian pendidikan Aud di sekolah/TK inklusi.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengkaji hakikat anak berkebutuhan khusus (ABK) dan pendidikan anak berkebutuhan khusus (PABK)

  • Mahasiswa mampu mengkaji jenis dan ragam layanan pendidikan khusus bagi ABK

  • Mahasiswa mampu mengkaji hakikat pendidikan Inklusi dan perbedaannya dengan pendidikan Reguler

  • Mahasiswa menguasai penerapan pendidikan inklusi di lembaga pendidikan Paud

  • UTS

  • UAS

Daftar Pustaka:

  • Elkins, J. 2007. Educating Children with Special Needs. New York. Prentice Hal

  • Margery & Neely. 2002. Counselling and Guidance Practices with Special Education Student. Homewood. The Dorsey Press

  • Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. 1994. Early Childhood Education. An Introduction, 3rd. Edition. New York: MacMillan College Publishing Company.

  • Seefeldt C dan Nita B. 1994. Early Childhood Education. New York: Macmillan

  • Depdiknas 2004.Pedoman Penyelenggaraan pendidikan Inklusi di sekolah,. Jakarta, Subdit Pendidikan Khusus dan LayananKhusus

  • Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. 2010. Petunjuk Teknis penyelenggaraan TK Inklusi. Surabaya. Subdit PK&LK Dindik Provinsi Jatim





  • Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan RoudhatulAthfal. Jakarta: Puskur, Balibang Depdiknas.

  • ------------, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

  • Moeslicatoen R. TanpaTahun. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: P2TA, DitjenDikti, Depdikbud

  • Wardani. 2005. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta. Depdikbud, Universitas Terbuka