Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
A6A-SD2
Deskripsi:
Hakikat pendidikan anak ABK; jenis dan karakteristik anak ABK; dasar penyelenggaraan pendidikan ABK; Jenis dan ragamlayanan pendidikan dan latihan bagi ABK; hakikat dan dasar pendidikan Inklusi; ragam dan perbedaan perbedaan pendidikan segregasi, terpadu dan inklusi; persyaratan sekolah/TK penyelenggara pendidikan inklusi; mengkaji kurikulum pendidikan AUD di sekolah/TK inklusi, dan mengkaji system penilaian PendidikananakAUD di sekolah/TK inklusi.
Capaian Pembelajaran
  • Mhs mampu menjelaskan scr komprehensif Hakikat ABK, ALB, dan Anak berkelainan
  • Mahasiswa mampu mengkaji jenis dan ragam layanan pendidikan khusus bagi ABK
  • Mahasiswa mampu mengkaji hakikat pendidikan Inklusi dan perbedaannya dengan pendidikan Reguler
  • Mahasiswa menguasai penerapan pendidikan inklusi di lembaga pendidikan Paud
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • 1. Elkins, J. 2007. Educating Children with Special Needs. New York. Prentice Hal
  • 2. Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. 2014. Early Childhood Education. An Introduction, 3rd. Edition. New York: MacMillan College Publishing Company.
  • 3. Seefeldt C dan Nita B. 2014. Early Childhood Education. New York: Macmillan
  • 4. Depdiknas 2004.Pedoman Penyelenggaraan pendidikan Inklusi di sekolah,. Jakarta, SubditPendidikan Khusus dan LayananKhusus
  • 5. Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. 2010. Petunjuk Teknis penyelenggaraan TK Inklusi. Surabaya. Subdit PK&LK DindikProvinsi
  • 6. Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Roudhatul Athfal. Jakarta: Puskur, Balibang Depdiknas.
  • 7. ------------, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
  • 8. Moeslicatoen R. TanpaTahun. MetodePengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: P2TA, Ditjen Dikti, Depdikbud..