Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
M1-M1
Deskripsi:
Mengkaji fenomena kualitas air sebagai bagian
dari objek material geografi lain, seperti litosfer, hidrosfer, antroposfer,
biosfer dalam geosfer menggunakan model pembelajaran life based learning dalam
memperoleh pengetahuan secara mendalam dan sesuai dengan kondisi faktual di
kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dapat diterapkan untuk memecahkan masalah
secara kritis dan kreatif, fenomena tersebut meliputi pengetahuan lanjutan
mengenai kualitas air yang berkaitan dengan: pemantauan kualitas air, elemen
makro dan mikro air, parameter fisik, kimia dan biologi air, sumber pencemaran,
baku mutu kualitas air, eutrofikasi dan konservasi air, kualitas air pada
berbagai bentuk lahan,, konsep dasar instalasi pengolahan air bersih dan
instalasi pengolahan air limbah
Capaian Pembelajaran
Memahami dan menjelaskan konsep, tujuan dan metode pemantauan kualitas air,
Mengidentifikasi dan menganalisis elemen makro dan mikro air,
Mengidentifikasi dan menganalisis parameter fisik, kimia dan biologi air,
Mengidentifikasi dan menganalisis sumber pencemaran,
Menganalisis baku mutu kualitas air,
Mengidentifikasi dan menganalisis kejadian eutrofikasi dan upaya konservasi air,
Menganalisis kualitas air pada berbagai bentuk lahan
Menjelaskan konsep dasar instalasi pengolahan air bersih dan instalasi pengolahan air limbah
Efendi, Hefni, 2003. Telaah Kualitas Air: Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Sleman: Kanisius
Gupta, Bhagirath Lal. 1979. Water Resources Engineering and Hydrology. New Delhi: Standart Publishers Distributors
- Mahida, Un. 1986. Pencemaran Air dan Pemanfaat Limbah Industri. Jakarta: CV Rajawali.
- Seyhan, Ersin. 1977. Fundamental Of Hydrology. Nederland Geografisch Instuut Der RijksUniversitiet Te Utrecht
- Walton, 1970. Groundwater Resources Evaluation. New York: Graw Hill Book Company
- Teacher: Ferryati Masitoh